Rusia dukung Swiss tuan-rumahi perundingan Korea

menteri luar negeri rusia sergei lavrov pada jumat menyampaikan mendukung gagasan swiss menuan-rumahi perundingan enam negara pada upaya meredakan ketegangan atas korea utara.

sejauh aku mengerti, swiss siap menawarkan ranah ramahnya agar perundingan enam pihak, melalui harapan kiranya itu digelar. kami tak menentang prakarsa tersebut, kata lavrov kepada wartawan sesudah bertemu dengan timpalan swiss-nya, didier burkhalter.

pembicaraan tersebut, yang menggandeng korea utara juga korea selatan, cina, rusia, amerika amerika juga jepang, dibekukan sejak 2009 sesudah korea utara bagus diri di menanggapi hukuman perserikatan bangsa-bangsa atas kegiatan peluru kendalinya.

ada enam putaran terpisah antara 2003 hingga 2007 serta swiss dalam pekan kemarin menyediakan bantuan saat ketegangan memuncak selama semenanjung korea.

Informasi Lainnya:

negara netral swiss mempunyai lima tentara dalam garis gencatan senjata dalam antara kedua korea itu, sebagai pihak daripada komisi negara nonblok pemantau gencatan senjata dari perang korea di 1950-an.

negara itu serta mempunyai kantor jembatan dalam pyongyang, ibukota korea utara, yang komunis.

pemimpin negara terkendali ketat itu, kim jong-un -yang ketiga selama wangsa pemimpin kuat- mengisi pilihan tahun sekolah di swiss selama bawah kedok putra pengemudi kedutaan.

menteri luar negeri amerika serikat john kerry pada jumat menyuarakan dukungan negaranya untuk korea selatan bergerak menuju pembahasan dengan pyongyang.

saat berbicara pada wartawan selama seoul, kerry menyatakan pemimpin korea utara kim jong-un memesan kesalahan besar bila memaksakan peluncuran peluru kendali, serta mendesak china berusaha lebih keras mengendalikan sekutunya di pyongyang.

tapi, melalui ketegangan pada semenanjung korea di tingkat tertinggi pada bertahun-tahun, kerry menyatakan washington dan bekerja sama dengan menghormati pandangan president korea selatan park geun-hye, yang terpilih atas janji keterlibatan lebih sulit melalui pyongyang.

president park terpilih dengan pandangan berbeda bagi kemungkinan perdamaian serta kami menghormati pandangan itu, papar kerry.

kami siap berusaha dengan keyakinan kiranya hubungan utara dengan selatan dapat meningkat serta mereka bisa membaik sangat bersegeralah. aku pikir, kami telah menekan retorika kami dengan berarti juga kami berusaha menemukan cara untuk kewajaran menang di situ, tambahnya dikutip afp.