Bentrok di Pakistan, seorang tewas

sedikitnya benar tewas juga 20 lain cedera selama bentrokan antara pasukan pakistan dan gerilyawan taliban pada gampat ditempuh perbatasan afghanistan, rabu.

bentrokan tersebut terjadi selama miranshah, kota utama selama wilayah suku waziristan utara dalam pakistan baratlaut dan berbatasan dengan afghanistan.

dua-puluh orang cedera serta Salah satu tewas pada bentrokan diantara militer serta militan, papar dr niaz ahmed, daripada properti sakit utama miranshah, kepada afp.

kekerasan meletus menjelang matahari terbenam ketika militan mulai menembaki pasukan yang menewaskan asli pemilik toko bahan pangan setempat, kata betul wartawan afp yang terserah selama daerah tersebut.

Informasi Lainnya:

ke-20 korban dan cedera sepenuhnya warga sipil, tergolong dua anak koresponden afp itu, yang terkena serpihan peluru sesudah sebuah mortir mendarat di di rumah mereka.

tembak-menembak itu berlangsung dalam dua jam serta hanya berakhir sesudah warga sipil mendesak gencatan senjata, dengan mencari alat pengeras suara daripada masjid-masjid berdekatan, dan mereka lalu membawa korban-korban yang terluka ke rumah sakit.

banyak rumah juga bualan rusak karena penggunaan senjata berat selama bentrokan tersebut, tutur koresponden afp tersebut.

waziristan utara adalah salah Salah satu daripada tujuh daerah di kawasan suku semi-otonomi pakistan, selama mana taliban juga militan mengenai al qaida memiliki pangkalan-pangkalan yang dimanfaatkan supaya merencanakan serangan selama afghanistan.

pakistan dilanda serangan-serangan bom bunuh diri juga penembakan dan menewaskan lebih dari 5.200 pihak sejak pasukan pemerintah menyerbu sebuah masjid dan adalah web persembunyian militan pada islamabad dalam juli 2007.

kekerasan sektarian meningkat sejak gerilyawan sunni memperdalam hubungan dengan militan al qaida dan taliban setelah pakistan bergabung pada operasi pimpinan as untuk menumpas militansi setelah serangan-serangan 11 september 2001 di as.

pakistan juga memperoleh tekanan internasional yang meningkat supaya menumpas grup militan dalam wilayah baratlaut dan zona suku selama sedang meningkatnya serangan-serangan lintas-batas gerilyawan kepada pasukan internasional selama afghanistan.

para pejabat as mengobarkan perang dengan pesawat tak berawak terhadap para komandan taliban juga al qaida pada kawasan suku baratlaut, dimana militan bersembunyi di daerah pegunungan yang berada dalam luar kendali segera pemerintah pakistan.

pasukan amerika mengatakan, daerah perbatasan itu digunakan grup militan dibuat tempat supaya melakukan latihan, penyusunan tinggal kekuatan dan launching serangan pada pasukan koalisi selama afghanistan.

islamabad mendesak as mengakhiri serangan-serangan pesawat tak berawak, sementara washington menuntut pakistan mengikuti aksi mendatangkan supaya menumpas jaringan teror.

sentimen anti-as tinggi dalam pakistan, serta perang pada militansi yang dilaksanakan as tak populer di pakistan karena persepsi kiranya banyak penduduk sipil tewas akibat serangan pesawat tak berawak dan ditujukan pada militan dalam sepanjang perbatasan dengan afghanistan dan penduduk merasa kiranya itu merupakan pelanggaran atas kedaulatan pakistan.

pesawat-pesawat tak berawak as melancarkan puluhan serangan pada kawasan suku pakistan dari pasukan komando as membunuh pemimpin al qaida osama bin laden selama operasi rahasia di kota abbottabad, pakistan, selama 2 mei 2011.