Hakim tidak takut pembalasan pihak luar

ketua mahkamah konstitusi, akil mochtar, menyampaikan, negara hukum mensyaratkan hakim dan tidak khawatir pembalasan dibandingkan bagian luar, karena bertindak independen serta imparsial pada membuat putusannya.

hal ini diungkapkan mochtar ketika pidato usai sumpah jabatan untuk ketua mk selama depan delapan hakim konstitusi lain serta pilihan pimpianan lembaga juga semua tokoh dibuat tamu undangan di jakarta, jumat.

pernyataan tersebut dikutip mochtar dibandingkan kelly fb william selama buku an independent judiciary: the core of the rule of law.

saya bersama-sama melalui dan mulia kaum hakim konstitusi mau menegaskan mk ingin terus bekerja dalam prinsip-prinsip independensi, papar mochtar.

Yang Lain: Peluang Usaha - Peluang usaha Internet - Peluang usaha Internet - Peluang Usaha Online

dia menegaskan, menjaga independensi mk adalah komitmen dan terus merupakan prioritas juga mau dikedepankan.

komitmen ini sangat strategis supaya mengingatkan kita selama negara hukum demokratis, pengadilan mesti demokratis, pengadilan haruslah mempunyai kekuatan, untuk menolak godaan juga menolak segala bentuk intervensi daripada manapun, tegasnya.

mochtar menegaskan, independensi hakim adalah harga mati.

hanya dengan hakim juga pengadilan dan independen inilah, hakim akan mampu memberhentikan perkara secara adil. serta kepada hakim, putusan dan memenuhi rasa keadilan demikian mahkota terindah, ucapnya.