Banjir Aceh Barat landa 322 desa

bupati aceh barat t alaidinsyah menyebutkan banjir melanda sebanyak 322 desa yang tersebar pada 12 kecamatan, namun tak ada korban jiwa pada bencana itu.

sejauh ini tak banyak korban jiwa juga kami harapkan hujan tidak lagi turun. kondisinya saat ini sudah darurat juga penduduk kita minta tetap jangan sembarangan, katanya selama meulaboh, sabtu malam.

saat mengunjungi lokasi pengungsian dalam kecamatan johan pahlawan, bupati alaidinsyah menyatakan kawasan terparah dilanda banjir merupakan woyla timur yang berjarak sekitar 50 kilometer arah utara meulaboh.

didampingi kepala jenis kedaruratan badan penanggulangan bencana daerah (bpbd) aceh barat dedek risman, ia menungkapkan seluruh tim siaga bencana telah siaga disejumlah objek wisata juga mengevakuasi warga ketempat lebih aman.

Informasi Lainnya:

menurut alaidinsyah, biarpun tidak ada korban jiwa, kerugian diperkirakan lumayan besar sebab banyak empat unit properti masyarakat juga penghubung rusak pada kecamatan pante ceureumen, serta woyla timur.

untuk kerugian masih selama pendataan. keuntungan yang gamblang ketika ini ada padi petani yang sudah selama panen hanyut akibat banjir, ujarnya menambahkan.

sementara itu dedek risman menambahkan, pihaknya mendirikan dapur publik di desa pasie mesjid kecamatan johan pahlawan, tetapi untuk kecamatan lainnya cuma dikirim logistik dengan perahu karet.

lebih 5.000 jiwa dan sudah didata untuk pengungsi serta mendapat jatah santunan logistik.

warga woyla timur dan kecamatan lain tak ingin dievakuasi karena tersebut kita hanya mengirimkan logistik sebab disana mereka mengungsi selama kawasan lebih tinggi yang sifatnya berpencar-pencar, katanya menambahkan.

samsuar, salah asli pengungsi korban banjir asal desa pasie masjid johan pahlawan menyatakan desanya sudah kerap dilanda banjir.

seharusnya dibangun tebing dipingir sungai juga saluran air dibenahi, sebab banjir disini disamping penentu hujan juga sungai meureubo itu paling mengancam, terlebih pemukiman kami dekat melalui aliran sungai, katanya.

banjir serta mendorong terputusnya arus transportasi darat meulaboh-tutut karena ketingian air selama bada jalan hampir Satu meter.