FSGI usulkan Kurikulum 2013 ditunda

federasi serikat guru indonesia mengusulkan peluncuran kurikulum 2013 agar ditunda sebab dinilai belum ada kesesuaian juga kesiapan pengajar.

sebaiknya kurikulum 2013 tersebut ditunda lagi, benahi saja lagi guru-gurunya, beri mereka latihan, kata sekretaris jenderal fsgi retno listyarti selama seminar penguatan empat pilar kebangsaan selama dunia studi dan bertajuk mengukuhkan pendidikan kewargaan kepada kokohnya nilai-nilai kebangsaan pada jakarta, selasa.

retno menilai guru adalah kunci keberhasilan sebuah implementasi kurikulum.

guru telah harus dibangun sebab bagaimanapun dia adalah kucinya dan membuat alur kemana siswa ini ingin dibawa, katanya.

karena itu, dia juga memberi usul diadakannya pelatihan supaya guru-guru untuk memahami asli kurikulum manakala hendak diterapkan.

dia serta menolak implementasi kurikulum 2013 sebab banyak pilihan kompetensi dasar dan kompetensi inti dan tidak dipaparkan dengan detail.

Lainnya: Jual Jam Tangan Online - Jual Jam Tangan - Jual Jam Tangan - Jual Jam Tangan Online

saya menolak kurikulum ini sebab isinya tidak menggambarkan niat agar membangun pendidikan kita, katanya

guru pendidikan pancasila serta kewarganegaraan (ppkn) sma 13 tersebut menilai sejumlah kompetensi dasar di kurikulum 2013 tak terintegrasi, oleh karenanya objek wisata pembelajaran besar supaya dicapai.

dalam kompetensi itu disebutkan siswa harus mempelajari pasal-pasal, sementara tidak disebutkan pasal berapa. harus berapa banyak pasal dan harus dipelajari mereka, katanya.

bahkan, retno mengusulkan untuk diselenggarakan uji coba kurikulum 2013 itu.

di beberapa negara serta diadakan uji coba, semisal singapura juga inggris agar kenal kekurangannya serta jangan terlalu terburu-buru diterapkan, ujarnya.

dia mengusulkan uji coba itu kira-kira selama dua tahun sebelum kurikulum tersebut diimplementasikan.

sementara itu, direktur pembinaan sma direktorat jenderal pendidikan menengah kementerian studi juga kebudayaan (kemendikbud) harris iskandar menungkapkan kurikulum 2013 itu baru dalam jenis dokumen rancangan (draft), makanya masih mampu dikaji ulang.

kalau banyak kritik, silakan ke badan penelitian dan pengembangan (balitbang) kemendikbud maka bisa dikaji, dikurang atau update, katanya.

dia memaparkan pihaknya serta sedang memasukkan pendidikan karakter serta budi pekerti luhur di kurikulum tersebut.

jadi, kurikulum 2013 ini tujuannya adalah takwa. sebab tersebut, kita percepat prinsipnya agar memberikan porsi lebih ada pada mata pelajaran ppkn untuk sd, smp serta sma, ujarnya.

harris menunjukan kurikulum 2013 tersebut menekankan aspek olah pikir (kognitif), olah hati dan membentuk pribadi jujur, olah rasa menanamkan kepedulian serta olahraga membentuk fisik dan tangguh.

dalam kurikulum 2013, pilihan mata pelajaran hendak disederhanakan, contohnya hanya ingin ada enam daripada 12 mata pelajaran yang hendak diajarkan, seperti pendidikan aturan, (ppkn), matematika, bahasa indonesia, seni budaya dan penjaskes, akan tetapi ipa juga ips akan dihapus.

kurikulum yang menghabiskan anggaran sampai rp2,94 triliun itu bertujuan supaya mengantisipasi ketinggalan, mempercepat ketinggalan pelajaran dan menunjang pendidikan nasional ke arah dan lebih baik yang serta adalah tujuan nasional.