Pengungsi Dieng mulai pulang

badan penanggulangan bencana daerah (bpbd) banjarnegara, jawa sedang, di hari ini mencatat kiranya sebagian besar pengungsi selama dataran tinggi dieng mulai terserah pulang, pasca-gempa yang terjadi jumat (19/4).

berdasarkan pantauan kami pagi ini, ada pengungsi telah mulai pulang. tapi, ada serta yang baru bertahan dalam pengungsian, papar kepala pelaksana harian bpbd banjarnegara tursiman, selama posko siaga darurat bencana kawah timbang, kecamatan batur, banjarnegara, minggu.

sebagian pengungsi dan masih bertahan di pengungsian, papar dia, adalah warga dan rumahnya mengalami kerusakan akibat gempa dan terjadi pada jumat malam 2012.

menurut dia, kasus pengungsi di sabtu malam mengalami penyusutan dibanding malam sebelumnya dan lebih dari 5.000 pihak dan tersebar di tujuh info pengungsian.

Informasi Lainnya:

jumlah pengungsi di atas malam kurang lebih 3.000 orang, ujarnya.

salah betul pengungsi dari desa kepakisan, kecamatan batur, faturahman, mengemukakan kiranya keluarganya baru bertahan di tujuan pengungsian desa dieng kulon, kecamatan batur, bersama istri serta dua anaknya sambil menunggu instruksi lebih lanjut dari pemerintah.

jika situasi telah dinyatakan aman, maka dia siap menimbulkan pengungsian walaupun agar sementara harus kembali pada tenda darurat yang didirikan pada lapangan desa sebab rumahnya rusak berat akibat gempa.

saya sesungguhnya sempat pulang ke properti, namun sekarang tinggal lagi ke pengungsian sebab semalam, sekitar pukul 23.00 wib, terasa banyak gempa, tutur petani kentang dan sayuran tersebut.

menurut dia, ada rumah penduduk desa kepakisan dan rusak berat akibat gempa dan terjadi selama jumat malam.

oleh karena tersebut, dia mengharapkan, kehadiran bantuan daripada pemerintah guna memperbaiki rumah-rumah penduduk yang rusak.

statusnya sudah properti pribadi, tapi jika banyak bantuan daripada pemerintah pastinya sangat berarti kepada kami, katanya.

berkaitan melalui bantuan logistik pada pengungsian, dia mengemukakan, tak mempermasalahkannya sebab sudah tercukupi.

tinggal pada pengungsian memang tak enak. tapi, kami berterima kasih atas santunan dari pemerintah dan warga dan telah menerima serta menampung kami supaya tetapi waktu, ujarnya.

petugas pos komando (posko) siaga darurat bencana kawah timbang, andri sulistyo, mengatakan bahwa pengungsi selama desa dieng kulon minta untuk dipulangkan ke desa masing-masing, seperti kepakisan dan pekasiran.

kami pagi ini mengirim tiga truk ke desa dieng kulon supaya memulangkan para pengungsi, katanya.