Iran: Korut dipaksa berkonfrontasi dengan AS

korea utara tidak miliki produk disamping berkonfrontasi dengan amerika serikat, dan seharusnya dipersalahkan atas ketegangan dalam semenanjung korea, tutur betul jenderal iran.

ketegangan selama wilayah tersebut disebabkan oleh desakan amerika serikat... juga pengetatan sanksi pada korut, tutur wakil kepala staf angkatan darat iran, brigjen masoud jazayeri, seperti dikutip kantor berita fars, jumat.

sebagai akibatnya, pemerintah korut tidak miliki produk disamping mengonfrontasi penampilan amerika serikat, ujarnya.

jazayeri serta menyalahkan kelompok pemicu perang dalam amerika serikat atas meningkatnya ketegangan tersebut.

Informasi Lainnya:

pyongyang, dan marah akibat sejumlah sanksi perserikatan bangsa bangsa serta gelaran latihan militer bersama as-korsel, sudah mengeluarkan serangkaian ancaman perang nuklir terbuka pada beberapa pekan terakhir.

puncak ketegangan itu terjadi ketika kantor berita yonhap, dan mengutip pejabat pemerintah korsel, menyatakan korut sudah menyiapkan rudal jarak menengahnya selama perangkat peluncur bergerak dan menyembunyikannya selama fasilitas bawah tanah gampat ditempuh pantai timur mereka.

jazayeri mendukung korut di memanasnya suhu di semenanjung korea itu melalui menyebut negara independen semisal korut tidak sejalan melalui gaya petualangan amerika serikat

dia dan mengeritik pbb yang dianggap sudah terpengaruh oleh amerika serikat dan membiarkan ketegangan menyebar selama kawasan itu.

ketegangan di semenanjung korea telah meningkat sejak desember, saat korut memulai launching roket jarak jauhnya.

jazayeri memberi selamat kepada pyongyang atas launching tersebut, akan tetapi iran selama februari menyerukan pemusnahan seluruh senjata atom pada dunia sesudah korea utara mengumumkan percobaan nuklir paling besar mereka.

kita harus berada di sebuah kondisi dalam mana tidak banyak negara yang bisa memiliki senjata nuklir serta senjata pemusnah massal juga senjata nuklir mesti dihancurkan, kata jubir kemenlu iran, rahmin mehmanparast, selama saat itu.

pyongyang serta teheran memiliki hubungan menarik dari revolusi islam 1979. kedua negara itu menerima sanksi dewan keamanan pbb atas website rudal balistik juga pengayaan nuklir.

sebuah laporan sanksi pbb pada 2011 menyebutkan kiranya teheran dan pyongyang diduga beritahukan teknologi rudal balistik, akan tetapi tak banyak konfirmasi terpercaya daripada kedua negara tersebut sampai saat ini, demikian afp.