Raja Abdullah berhentikan Wakil Menteri Pertahanan Saudi

raja arab saudi abdullah memberhentikan wakil menteri pertahanan pangeran khaled bin sultan.

reuters dan mengutip media pemerintah mengemukakan langkah tersebut adalah tindakan terbaru selama perombakan di kelompok masyarakat pangeran yang memegang jabatan pemerintah.

pergantian dari jabatan-jabatan penting pada kalangan pangeran diawasi melalui cermat sebab tindakan itu menunjukkan kemungkinan perubahan dalam perubahan garis suksesi di kerajaan tersebut.

pangeran khaled adalah panglima angkatan bersenjata arab saudi pada perang teluk tahun 1991 akan tetapi tak diberi jabatan menteri pertahanan tahun 2001 sesudah ayahnya putra mahkota sultan yang memegang jabatan tersebut di lima dasa warsa meninggal.

Informasi Lainnya:

ia digantikan dengan dengan pangeran fahd bin abdullah bin mohammed bin abdulrahman, kata kantor berita saudi press agency (spa) mengutip Salah satu keputusan raja. pangeran fahd merupakan mantan kepala staf angkatan laut arab saudi.

spa tidak menyerahkan alasan kepada penggantian itu.

menteri pertahanan merupakan putra mahkota salman, pengganti dan ditunjuk raja abdullah. ia mengawasi pembelian senjata miliaran dolar as dan memperkuat aliansi-aliansi arab saudi melalui melalui negara-negara barat.

tidak seperti halnya di monarki-monarki eropa, suksesi keluarga yang berkuasa arab saudi tidak berasal dari ayah ke putra tertua tetapi selama kalangan saudara daripada pendiri kerajaan tersebut, juga didasarkan dalam senioritas, pengalaman,mental juga kedudukan pada keluarga itu.

tidak gamblang mana ada yang mau berkuasa setelah raja abdullah juga putra mahkota salman, tetapi pengganti mereka diperkirakan merupakan pangeran mugrin, termuda dari saudara-saudara tersebut sebab ia telah diangkat adalah deputi kedua perdana menteri awal tahun ini.