Ratusan TKI Jatim di Malaysia dipulangkan

ratusan tenaga kerja indonesia pada malaysia dan dipulangkan dengan paksa dengan terminal feri pasir gudang, johor bahru, menuju tanjung pinang, kepulauan riau, tiba di beberapa daerah dalam jawa timur, semisal kabupaten blitar, kamis (2/5).

manto (48) salah benar tki yang masih hingga pada rumahnya selama desa wonorejo, kecamatan talun, kabupaten blitar, jumat menungkapkan, kurang lebih 300 tki diberangkatkan dari johor bahru sabtu (27/4), sesudah sempat dikunjungi dengan kepala badan nasional penempatan juga penanggulangan tenaga kerja indonesia (bnp2tki) jumhur hidayat.

saya sudah 23 tahun bekerja serta berumahtangga di malaysia, baru kali ini ditangkap aparat setempat dengan alasan surat izin kerja tak lengkap. sesudah sempat ditahan bersama ratusan orang lainnya, kemudian memenuhi pemulangan paksa ini, katanya.

manto dan tiba bersama wawan (35), tki asal ponggok, blitar, menceritakan bahwa perjalanan kapal daripada johor bahru ke tanjung pinang memerlukan masa lebih dari semalam.

Informasi Lainnya:

di tanjung pinang, ratusan tki tersebut beralih menumpang km sirimau serta tiba pada pelabuhan tanjung priok, jakarta, senin (29/4) siang. para tki lalu diangkut mencari beberapa unit damri menuju pool bus itu selama kemayoran, jakarta.

perjalanan sebelumnya cukup enak, makan serta dijamin, tetapi terlalu menumpang damri, kami mulai merasakan pelayanan dan kurang menyenangkan. kami telantar setengah hari pada pool damri, dengan alasan belum banyak pembayaran bus. baru malam harinya dan lokasi surabaya diberangkatkan menggunakan empat unit damri, katanya.

menurut manto, sepanjang perjalanan sampai hingga pada kantor dinas tenaga kerja, transmigrasi juga kependudukan provinsi jawa timur selama surabaya, rabu (1/5) sore, ada tki yang turun dan oleh awak bus dipungut rp50.000. tapi sebagian tki menolaknya, malahan banyak dan menyewa tinggal secara paksa biaya pungutan itu.

demikian pula di kantor dinas tenaga kerja, transmigrasi juga kependudukan provinsi jawa timur, kaum tki setelah diberikan makan serta uang masing-masing rp40.000, sempat banyak oknum yang melakukan pungutan, namun ditolaknya.

saya bersama ratusan tki itu kemudian diantar menggunakan bus ke terminal bungurasih agar mencari bus pas lokasi masing-masing, semisal ke madura, lombok, nusa tenggara barat juga ntt. kecuali objek wisata kangean kepulangannya ditunda esok paginya, untuk mampu menumpang kapal, ujarnya.

manto menambahkan, baru terkandung ratusan tki di website penampungan dalam johor bahru yang menunggu giliran pemulangan paksa lebih lanjut.