Hatta: Kemendikbud tidak terkena pemotongan anggaran

menteri koordinator jenis perekonomian hatta rajasa menungkapkan kementerian pendidikan dan kebudayaan adalah salah Satu kementerian yang tak terkena pemotongan anggaran.

pemangkasan paling besar terjadi dalam 15 kementerian lembaga yang mempunyai anggaran besar, kecuali kemendikbud, sebab diatur selama undang-undang mesti 20 persen dari total apbn, ujarnya saat ditemui sebelum rapat koordinasi membahas pemotongan belanja kementerian lembaga di jakarta, rabu.

hatta menungkapkan rencana pemotongan shopping kementerian lembaga itu dilakukan agar menahan pelebaran defisit anggaran serta terjadi dalam shopping yang tidak mengikat semisal perjalanan dinas dan pembangunan gedung.

menurut dia, pemotongan tersebut dilaksanakan dengan proposional kepada setiap kementerian lembaga sesuai melalui alokasi anggaran selama rencana kerja pemerintah serta proses pengadaan barang juga jasa.

Informasi Lainnya:

kita cuma pilih besarannya juga berdasarkan proporsinya. itu tidak cuma persentasi seberapa besar anggarannya, namun serta rencana kerjanya, katanya.

menteri perencanaan pembangunan nasional/kepala bappenas armida alisjahbana menungkapkan proses pemotongan ini merupakan upaya untuk menjaga ketahanan fiskal juga agar anggaran berbelanja negara lebih efisien.

tentu ini tak tidak rumit, sebab ini sudah bulan mei, sehingga yang betul-betul mampu dikurangi lagi pasti yang tidak menganggu target, katanya

armida memastikan berbelanja kementerian lembaga dan terkena pemotongan tersebut diantara lain shopping non operasional dan baru bisa ditunda pelaksanaannya, dan tidak mengganggu target pelaksanaan pembangunan.

tentu setiap kementerian lembaga berbeda (pemotongannya), tak bisa dipukul rata. bila kami bisa yang diminta 10 persen rupiah murni (daripada anggaran k/l), bukan total anggaran, katanya.