Indonesia siap ambil alih teknologi-manajemen Inalum

pemerintah indonesia siap mengikuti alih teknologi juga manajemen semua kepemilikan saham pt indonesia asahan aluminium (inalum) daripada jepang yang selama 30 tahun sebagai pemegang saham paling besar serta akan berakhir kontrak kerjasamanya selama 30 oktober 2013.

kita tidak bergantung dengan jepang serta siap meneruskan pembangunan pt inalum dengan bumn mulai 1 nopember 2013, tegas direktur publik serta sumber daya manusia pt inalum, nasril kamaruddin, pada kuala tanjung, kabupaten batubara, sumatera utara, sabtu.

nasril disertai direktur usaha, ss sijabat, dan direktur produksi, harmon yunaz, ketika mendampingi para jurnalis yang menikmati langsung operasional pabrik peleburan aluminium menjadi ingot (aluminium batangan) selama tanjung gading serta ke pembangkit listrik tenaga air (plta) asahan ii pada sigura-gura paritohan.

sejak '90-an operasional pt inalum dan berdiri 6 januari 1976, menurut kamaruddin, sebenarnya telah semuanya ditangani putra-putra indonesia. sampai sekarang tak bergantung dulu dengan tenaga ahli dari jepang, bahkan sistem perawatan pabrik terjamin dengan menarik.

Informasi Lainnya:

pt inalum mempertahankan produksi dengan efektif 225.000 ton aluminium batangan pertahun dan kapasitas produksi plta sebesar 426 mw. kepemilikan sahamnya 41,12 persen pemerintah indonesia dan nippon asahan aluminium 58,88 persen.

justru jepang takut nanti pt inalum tak mau lagi memakai suku cadang pabrik serta pembangkit listrik dari jepang, ujar kamaruddin.

lihat sendiri pemeliharaan pabrik peleburan juga plta asahan ii telah digunakan 30 tahun, tapi terlihat masih baru serta tetap beroperasi melalui bagus. maka tidak banyak dan usah disibukkan terlebih diisukan hendak merupakan besi tua kalau diserahkan ke indonesia, tutur dia.

menjelang pengambi alihan pt inalum dengan pemerintah indonesia, kinerja perusahaan peleburan aluminium satu-satunya selama indonesia ini berjalan dengan menarik serta lancar.

inalum secara bisnis ketika ini dinilai sangat terjamin keamanannya serta mempunyai prospek yang bagus dan menguntungkan. telah melunasi hutang investasi dari 2011 juga meraih laba bersih 878 juta dolar amerika serikat dari 2004-2012 atau rata-rata 97,5 juta dolar amerika serikat pertahun.

dia menambahkan, perusahaan dari awal operasi tetap berkomitmen supaya menjalin hubungan dan harmonis melalui pemangku amanah tenntang dan memberikan faedah terhadap lingkungan, seperti program bantuan pendidikan, keagamaan, kesehatan, kepemudaan, ekonomi dan kontribusi pada negara/daerah.