BNP2TKI tingkatkan penempatan TKI formal

badan nasional penempatan serta perlindungan tenaga kerja indonesia (bnp2tki) terus berusaha meningkatkan penempatan tki formal semiterampil, terampil, dan profesional supaya mengikuti usaha kerja di luar negeri.

kepala bnp2tki moh jumhur hidayat di tayangan sosialisasi penempatan serta perlindungan dalam lapangan kecamatan kalipare, kabupaten malang, jawa timur, sabtu, menyampaikan, bnp2tki dari 2012 memperhatikan selama penempatan tki formal juga mengurangi penempatan tki informal ataupun penata laksana rumah tangga (plrt).

sosialisasi dihadiri ribuan masyarakat termasuk staf ahli bupati malang eko siswanto serta pejabat setempat.

sosialisasi menarik perhatian penduduk setempat karena disajikan melalui pementasan wayang kecantikan kontemporer sumantri mencari kerja dengan dalang ki cahyo kuntadi, musik ki ageng ganjur, juga tari-tarian, juga diskusi mengenai penempatan serta perlindungan tki.

Informasi Lainnya:

sosialisasi tersebut bertajuk bersama tki mengembangkan negeri juga akan berlangsung tiap akhir pekan dalam beberapa pekan ke depan dalam 13 kabupaten dalam lima provinsi yang diawali di kabupaten banyuwangi, jatim, dalam jumat (10/5) sampai kabupaten lampung timur, lampung.

kepala bnp2tki menjelaskan tki formal adalah mereka dan berusaha selama luar negeri pada seluruh perusahaan serta organisasi yang berbadan hukum, mempunyai kontrak kerja dan kuat, dilindungi dengan hukum dalam negara penempatan sehingga relatif tak membeli permasalahan selama bekerja di luar negeri.

menurut data bnp2tki, daripada angka penempatan tki pada kemarin sebanyak 494.609 pihak, tetapi lebih banyak penempatan tki sektor formal ke luar negeri yakni sebanyak 258.411 pihak dibandingkan tki informal atau plrt yakni sebanyak 236.198 orang.

padahal pada 2011 kasus penempatan tki formal sebanyak 264.756 pihak, sedangkan tki informal sebanyak 316.325 pihak, dan dalam 2010 jumlah penempatan tki formal hanya 124.683 orang, sedangkan tki informal sebanyak 415.121 orang.

mudah-mudahan penempatan tki formal mampu meningkat selalu seiring dengan peningkatan kualitas calon tki yang terampil dan memiliki kemampuan kerja yang baik, katanya.

penempatan tki formal ke luar negeri dilakukan dengan skema kerja sama antarpemerintah (government to government) semisal ri-korea selatan bidang industri, manufaktur, pertanian, perikanan, juga jasa, ri-jepang di penempatan tki perawat pasien (nurse) serta perawat jompo (caregiver), juga ri-timor leste di penempatan bidan.

selain tersebut dengan skema kerja sama pemerintah ri melalui bagian swasta selama luar negeri semisal penempatan tki hawa sektor manufaktur elektronik pada penang, malaysia, dan skema kerja sama antarswasta (private to private) semisal banyak terjadi pada berbagai sektor kerja.